Rabu, 05 Juni 2013

Air berusia 1,5 millyar



Surfing - Air tertua di dunia yang diyakini berusia sekira 1,5 miliar tahun ditemukan tim peneliti di sebuah daerah pertambangan di Ontario, Kanada. Mereka memperkirakan air tersebut terletak sekira 2,4 kilometer di bawah permukaan Bumi. 

“Komposisi isotop yang mereka lihat dalam sampel ini sangat aneh. Untuk saat ini, saya dapat menyimpulkan sementara bahwa air tersebut terperangkap di dalam kerak bumi selama 1,5 miliar tahun lamanya,” ujar seorang ahli geokimia, Pete Burnard. 

Dilansir Softpedia, Minggu (19/5/2013), fakta bahwa air ini telah terperangkap selama miliaran tahun di bawah tanah tanpa pernah terkontaminasi udara luar, membuat para peneliti meyakini bahwa kandungan kimia yang terdapat pada air ini dapat memberikan penjelasan baru mengenai awal kehidupan di dunia. 

“Kami menemukan sebuah sistem fluida yang saling berhubungan di dalam galian tambang yang mengkristal selama miliaran tahun. Kami yakin temuan ini mampu mendukung kehidupan awal manusia di Bumi,” kata seorang profesor dari University of Manchester, Chris Ballentine. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar